PJJ adalah

1. Mengapa harus PJJ ?
PJJ

Karena jangkauan dari PJJ itu jauh lebih luas dan tidak terbatas, disini dengan PJJ diharapkan siswa bisa belajar degan lebih interaktif dan lebih aktif, PJJ menerapkan system pembelajaran yang lebih fleksibel dan tidak menoton, sehingga membuat proseses pembelajaran lebih kondusif.
PJJ biasanya bisa menggunakan beberapa media yang Booming, misalnya saja bisa menggunakan media Facebook, Twitter, YM, Youtube dll. Saat ini PJJ ini jadi sangat mudah dilakukan, mungkin saja PJJ ini bisa memebrikan solusi bagi siswa / genarasi bangsa yang putus sekolah. Dengan PJJ angka penduduk yang buta aksara bisa ditekan dan diminimalisir secara signifikan

2. Apa itu PJJ ?

Menurut saya, “PJJ merupakan pengimplementasian dari kemajuan dari teknologi informasi dimasa saat ini, sebenarnya PJJ ini secara tidak sadar kita telah mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari hari, kenpa? Itu karena kita sebagai mahasiswa aktif mencari informasi tentang tugas atau apasaja yang merupakan tugas kuliah melalui media internet, nah inilah yang bisa disebut sebagai PJJ. PJJ ini menerapkan keterpisahan antara mahasiswa dan pengajar, proses belajar menggunakan media seperti Jejaring Sosial, Email, Blog atau Skype”.


3. Teori dan Filosofi PJJ

Teori yang ditanamkan di PJJ ini adalah pengembangan dan pemberdayaan yang maksimal, dan berdasarkan undang undang 1945 :
Belajar Biar LULUS
Kemudian dari pada itu untuk membentuk suatu Pemerintah Negara Indonesia yangmelindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untukmemajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikutmelaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dankeadilan sosial, maka disusunlah Kemerdekaan Kebangsaan Indonesia itu dalam suatuUndang-Undang Dasar Negara Indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan NegaraRepublik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasarkan kepada Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia danKerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalamPermusyawaratan/Perwakilan, serta dengan mewujudkan suatu Keadilan sosial bagiseluruh rakyat Indonesia

Dalam hal ini mencerdaskan kehidupan bangsa, setiap warga Negara itu berhak mencicipi daripada pendidikan baik formal maupun non formal, dari itulah PJJ diharapkan mampu memangkas dari pada kebodohan dan kebingungan dari rakyat akan mahalnya biaya pendidikan selama ini.


4. Karakteristik PJJ

Bagaiman sebenarnya karakteristik PJJ ini? Sangat unik sekali apabila kita membahas tentang karakteristik dari PJJ ini, pasalnya PJJ ini di kaitkan dengan dunia teknologi yang semakin canggih, medianya pun berbagai macam, seperti Game, Video Call, Jejaring Sosial, CD, Modul dan berbagaimacam bentuk lainnya.

Selain itu karakteristik PJJ yang mampu membangun mental dari siswa untuk labih aktif dalam forum diskusi mampu membuat siswa lebih aktif bertanya dan memberi tanggapan tanpa takut di cela atau dimarahi pengajar karena jawaban yang kurang pas.


5. Prinsip dari PJJ

Prinsip PJJ yaitu bagaimana agar proses belajar dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja tanpa harus terbatas oleh waktu dan jarak yang sangat jauh, mencakup wilayah yang walaupun tidak ada listrik, TV, atau alat elektronik lainnya.

Prinsip PJJ inilah yang sanggup memberikan motivasi bagi pengajar PJJ untuk lebih bersemangat dalam berbagi ilmu walaupun dalam keadaan yang tidak memungkinkan untuk bertatap muka.

6. Pembelajaran PJJ

Pembelajaran PJJ bisa dilakukan dengan berbagai macam media, seperti internet, Video, Audio, Telphone, YM, Twitter, Facebook, Youtube, Skype dan blog. Sebenarnya masih banyak lagi cara pembelajaran di PJJ, ada juga PJJ yang bersifat tradisional seperti menggunakan MODUL dimana MODUL harus dikirim terlebih dahulu melalui POS ke siswa agar dapat dipelajari oleh siswa. 
Previous
Next Post »

Pengunjung yang terhormat, untuk memperbaiki konten dan isi blog ini, kami mohon saran dan masukannya, jika ada yang kurang silahkan meninggalkan komentar di sini, Terimakasih atas kunjungan Anda. ConversionConversion EmoticonEmoticon