PHP, CodeIgniter dan .htacces

codeIgneter

Selamat malam kawan kawan semua, terutama pak Dosen kami yang baik hati "Mr. Sajarwo" ? kesempatan kali ini kita akan bersama-sama membahas tentang apa itu PHP, CodeIgniter dan 3D WS ?, sebelum kita menggunakan buku Pintar :) mari kita deskripsikan pengertian PHP, CodeIgniter dan 3D WS menurut Otak kita masing-masing.

1. PHP menurut analisa saya, PHP merupakan salah satu bentuk bahasa pemrograman yang sangat populer di dunia WEB, kenapa? ada banyak kelebihan dari PHP ini sendiri, selain PHP ini merupakan bahasa pemrograman yang Open Source, Multi Platform , bisa berintegrasi dengan berbagai jenis Database, PHP juga bahasa pemrograman yang sangat mudah di mengerti. "bagaimana menurutmu?"

2. CodeIgniter ? jujur saja saya baru pertama kali mendengar yang namanya codeIgniter ini, menurut penjelasan Pak Sajarwo, bahwa codeIgniter ini merupakan salah satu jenis PHP Framework, codeIgniter menyediakan sangat banyak keperluan seorang programer PHP. Ibarat tukang bangunan jika akan membagun satu rumah saja, pekerja bangunan ini akan melakukannya mulai dari nol, karena tidak masalah, tapi bagaimana jika akan membangun sebuah gedung denga 7 lantai? apakah mulai dari nol, tidakkan? , maka seperti itulah gambaran tentang penggunaan codeIgniter.

3. .htacces merupakan suatu file yang tanpa extensi, atau tanpa embel embel seperti "namafile.htacces", heheheh.

Nah ini pengertian yang sebenarnya kawan :

1. Pengertian PHP
PHP adalah singkatan dari "PHP: Hypertext Preprocessor", yang merupakan sebuah bahasa scripting yang terpasang pada HTML. Sebagian besar sintaks mirip dengan bahasa C, Java dan Perl, ditambah beberapa fungsi PHP yang spesifik.Tujuan utama penggunaan bahasa ini adalah untuk memungkinkan perancang web menulis halaman web dinamik dengan cepat. 
"sumber : http://koplarpudak.blogspot.com/"

2. CodeIgniter 
CodeIgniter adalah aplikasi open source yang berupa framework dengan model MVC (Model, View, Controller) untuk membangun website dinamis dengan menggunakan PHP. CodeIgniter memudahkan developer untuk membuat aplikasi web dengan cepat dan mudah dibandingkan dengan membuatnya dari awal. CodeIgniter dirilis pertama kali pada 28 Februari 2006. 
"sumber : http://supono.wordpress.com/2010/04/16/codeigniter-framework-php/"

 
3. .htacces
  • ..htaccess adalah file extension. Tanpa embel-embel seperti namafile.htaccess atau index.htaccess atau semacamnya. cukup .htaccess.
  • . htaccess harus di upload ke server menggunakan ASCII mode, jangan BINARY.
  •  .htaccess Perlu untuk di CHMOD menjadi 644 or (RW-R–R–). Sehingga ia berguna untuk dimanfaatkan server dan mencegah dapat terbaca oleh browser user.
  •  Command pada .htaccess biasanya harus diletakkan pada satu baris. jadi coba dicheck wordwrap pada text editor yang digunakan (disable mode on) 
"sumber : http://www.ranyliq.com/panduan-dasar-htaccess/"

kira kira begitulah yanag mampu saya sampaikan terimakasih :)

 

Previous
Next Post »

Pengunjung yang terhormat, untuk memperbaiki konten dan isi blog ini, kami mohon saran dan masukannya, jika ada yang kurang silahkan meninggalkan komentar di sini, Terimakasih atas kunjungan Anda. ConversionConversion EmoticonEmoticon