Potret PJJ di Indonesia versi Pelajar-Mania

Simulasi PJJ
Sebelumnya saya ingin mengingatkan kembali apa itu PJJ.

PJJ adalah suatu system pendidikan jarak jauh yang menggunakan media-media teknologi informasi untuk pelaksanaannya, biasanya menggunkan media seperti blog, youtube, skype, facebook dan +google, banyak sekali media yang sebenarnya bisa dijadikan media untuk PJJ, selain yang disebutkan diatas. PJJ ini sangat fleksibel dalam pelaksanaannya karena PJJ tidak terbatas oleh waktu, tempat yang jauh atau batasan usia, semua orang bisa berpartisipasi dalam PJJ.

Bagaimana Potret PJJ di Indonesia sekarang ini?

PJJ di Indonesia saat ini sudah mulai berkembang, sudah banyak universitas-universitas di Indonesia yang menerapkan PJJ dalam proses belajar mengajarnya, namun dalam hal ini PJJ yang telah di akui oleh dinas pendidikan dan kebudayaan adal Universitas Terbuka. Karena sejak tanggal berdirinya Universitas Terbuka telah menerapkan PJJ dalam sistemnya, Universitas Terbuka mengundang semua lulusan SMA/SMK dimanapun tempatnya dan tanpa batasan usia untuk mengikuti PJJ ini. Sehingga sampai saat ini Universitas Terbuka sudah memiliki mahasiswa mencapai 100.000-an.

Menurut pendapat saya, PJJ di Indonesia sudah tidak dapat di elakkan hal ini kita lihat dari sudut pandang jumlah penduduk dan wilayang kepulauan yang sangat luas, sangat memungkinkan jika Indonesia sebagai Negara berkembang yang memiliki populasi yang sangat besar untuk melaksanakan PJJ, dengan begitu tingakat pengangguran bisa sangat di tekan, hal ini mengingat manfaat dari PJJ yang sangat besar, dengan menggunakan system PJJ dalam proses belajar mengajarnya, PJJ mengharuskan mahasiswa dan pengajar menguasai IT / media yang akan digunkan, sehingga mau tidak mau mahsiswa / pengajar bisa menggunakan media tersebut, di dunia global ini IT sudah menjadi kebutuhan khusus manusia, semua orang di tuntut untuk mengikuti perkembangan teknologi, nah berdasarkan hal itu menurut saya dengan PJJ angka pengangguran di Indonesia bisa di tekan J

Bagimana PJJ di Indonesia ? apakah semua orang tau tentang PJJ ? jawabannya adalah tidak, berdasarkan survey yang saya buat di media Facebook dalam forum chat, semua tidak tau tentang PJJ. Sayang sekali jika Indonesia tidak memanfaatkan PJJ dalam banyak proses belajarnya, ini bisa menekan angka persaingan di dunia pendidikan dalam perebutan bangku kuliah. 
Survey tentang PJJ
Previous
Next Post »

4 Jejak Kata

Write Jejak Kata
Tuesday, August 7, 2012 at 5:07:00 PM GMT+7 delete

Ulasan yang menarik untuk sebuah PJJ.
Bagaimana kalau kita Ber "ANDAI".
Seandainya Anda seorang Pimpinan Universitas apa yang Anda lakukan untuk menggalakkan PJJ... larena menurut Anda masih banyak yang belum well inforam tentang PJJ.
Salma,
tim

Reply
avatar
Pelajar Mania
AUTHOR
Tuesday, August 7, 2012 at 5:29:00 PM GMT+7 delete

Andai saja, saya sorang pemimpin Universitas, hal yang akan saya lakukan untuk menggalakan PJJ yaitu dengan cara Saya akan mempromosikan PJJ dnengan maksimal sampai ke seluruh nusantara, dan melalui media media yang PJJ gunakan itu.
Trimakasih :)

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
Thursday, August 9, 2012 at 3:19:00 PM GMT+7 delete

Siapa saja yang bisa menjalankan PJJ itu.. apakah itu lembaga.. atau universitas.. atau apa.. atau apaah kita sebagai seorang blogger adalah pelaksanana PJJ.. hehehe maaf banyak nanyak...

Reply
avatar
Pelajar Mania
AUTHOR
Thursday, August 9, 2012 at 4:02:00 PM GMT+7 delete

pada dasarnya semua orang bisa melakukan PJJ, namun di indonesia hanya beberapa Universitas yang resmi menreapkan PJJ seperti Universitas Terbuka...

Kita juga seorang BLogger merupakan pemberi PJJ kepada kawan-kawan, namun dalam bentuk yang tidak Formal, dengan istilah tidak ada aturan, di PJJ yang sesungguhnya PJJ ini memiliki aturan sehingga mahsiswa PJJ itu di akui dan mendapatkan ijazah pula... trims (mas Opik amikom)

Reply
avatar

Pengunjung yang terhormat, untuk memperbaiki konten dan isi blog ini, kami mohon saran dan masukannya, jika ada yang kurang silahkan meninggalkan komentar di sini, Terimakasih atas kunjungan Anda. ConversionConversion EmoticonEmoticon